Senin, 12 Maret 2012

Menurunkan Berat Badan Dengan Minum Air Putih

Bisakah menurunkankan berat badan dengan cara minum air putih? 
Bagi beberapa wanita, menurunkankan berat badan dengan cepat sangatlah menjadi masalah. Berbagai macam cara dilakukan untuk sekedar menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, yang tentunya menjadi dambaan rata-rata bagi kaum hawa agar terlihat lebih menarik.

Dari sebuah penelitian dinyatakan, bahwasanya dengan memperbanyak minum air putih bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kebiasaan manusia di era yang lebih modern sekarang yang terbiasa dengan minuman yang mengandung soda atau minuman manis, ternyata itu bisa diganti dengan minum air putih, karena air putih bisa membantu menurunkan berat badan sekitar 1,8 Kg sampai 2,2 Kg dalam jangka waktu enam bulan. Tentunya dengan cara ini, harus memerlukan waktu lebih lama tetapi akan relatif lebih aman dibandingkan dengan diet ketat yang justru akan membahayakan kesehatan badan.

Manfaat dari minum air putih, juga dikemukakan oleh American Journal of Clinical Nutrition. Tentunya hal ini semakin memperkuat tentang manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh, yang salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan.

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition sendiri ini melibatkan tiga kelompok yang berobyek pada 318 orang dengan obesitas (kegemukan). Kelompok pertama menjadi ‘target’ penelitian dengan mengharuskan mengganti minuman yang bersoda atau minuman berkalori dengan minum air putih. Sedangkan kelompok kedua tetap dengan mengkonsumsi soft drink, dan kelompok ketiga adalah sebagai kelompok pengontrol.

Selang waktu enam bulan berikutnya, nampak perubahan pada tubuh ketiga kelompok berbeda tersebut dalam penelitian yang dilakukan. Pada ketiga kelompok tersebut sama-sama mengalami penurunan berat badan dan juga ukuran pinggang mengecil. Tetapi di antara ketiga kelompok obyek penelitian tersebut, nampak bahwa kelompok pertama sebagai ‘target air putih’ cenderung untuk lebih mudah turun berat badannya sebanyak 2 kali lebih besar kemungkinannya dibandingkan dengan dua kelompok lainnya.

Ada seorang profesor ahli nutrisi dan perilaku sehat yang mengungkapkan, bahwa dengan mengubah kebiasaan dan mengganti minuman berkalori dengan minuman nonkalori seperti air putih menjadi cara yang aman, sederhana dan sehat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol agar berat badan tidak naik.

Selain hal tersebut, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pada kelompok yang selalu minum air putih, memiliki kadar glukosa dan kadar dehidrasi yang lebih rendah ketika berpuasa. Hal ini penting bagi yang sedang melakukan program diet menurunkan berat badan. Dan kebiasaan minum air putih ini akan sangat membantu mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas.




referensi: http://webwanita.info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar